12/12/2012

Tips Memulai Bisnis Untuk Pemula

Seiring usia yang makin nambah (ga mau dibilang tua), kita butuh perencanaan buat masa depan. Kalo dari sekarang kita ga bisa ngatur dan merencanakan sesuatu, ya bisa bubar semua. hehehhehe.... Memangnya kamu mau kalo tua nanti utang sana sini? Atau bahkan cuma ngandalkan dikasih?
Rejeki ga datang sendiri guys, kalo ga ada usaha buat ngejar ya buat apa juga punya mimpi. Ibarat mau bikin susu tanpa air (lah kayak apa itu yaks)
Maka dari itu, ga ada salahnya kan belajar jadi enterpreuner. Daaaaaan, aku mau bagikan beberapa tips buat memulai bisnis dan jadi enterpreuner sejati.
Yang pertama, siapin NAMA untuk olshop, merk, toko, distro atau apapun yang mau kamu bikin. Bikin nama itu ngga bisa sembarangan. Aq sendiri berkali kali ganti nama kalo ada yang bagusan dikit. Hihihihihi, jangan ditiru kelabilan saya. Kamu harus pilih nama yang unik, mewakili produk yang kamu jual, atau bahkan ngewakili sasaran jualan kamu. Kenapa saya ambil nama zonahawa??? Awalnya itu adalah celetukan teman q sendiri waktu diminta pendapat. Tapi q pikir itu lucu juga, zona=wilayah hawa=perempuan, Jadi makna ZONAHAWA adalah bisnis yang menjual apapun tentang dunia perempuan. Jadi pikirkan nama dari sekarang yah, apalagi kalo maknanya bisa bikin kamu sukses.
Yang kedua, siapin MODAL. Tergantung sebesar apa bisnis yang mau kamu bikin. Kalo memang ga ada modal, kamu bisa jadi reseller beberapa olshop atau toko disekitar kamu. Reseller itu ngejual kembali barang orang lain dengan mengambil keuntungan sedikit. Jadi terdapat hubungan simbiosis mutualisme, kamu ga ngeluarin modal malah dapat untung. Tapiiiiii kalo jadi reseller yang serius yah, sama sama saling membantu sama jaringa diatas kamu. Kalo modal kamu kecil, bisa usaha kecil-kecilan juga tuh. Mau jual pulsa? bisaaaaaa, aksesoris? bisaaaaaa, kalo baju? hmmmmm mungkin, karena baju relatif mahal dibandingkan barang lain yang bentuknya lebih kecil. Kalo punya modal gede itu bisa bikin bisnis apapun. Kamu mau jualan makanan? dengan merk sendiri itu juga bisnis yang bagus loh. Apalagi makanan dengan nama dan bentuk yang unik, atau membuka butik kecil-kecilan juga bisa loh say.
Yang ketiga, CARI MITRA KERJA untuk ngembangin usaha kamu ya. Ini sangat membantu, kamu ga perlu sendirian promosiin barag kamu. Ada relasi yang siap membantu, dan kamu harus menjalin hubungan baik dengan mereka. Beri mereka motivasi untuk meneruskan bisnis kalian. Dan saling share untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan kalian yah.
Yang keempat,  NIAT. Percuma kalo semua dah siap tapi ga ada niat kaaan. Sama aja boong. Bisnisnya bisa jadi anget anget t*i ayam. Hihihihih *sensor. maka dari itu, buat motivasi buat diri kamu sendiri. Oya liat koleksi aq yah.... Sapatau pada mau beli atau jadi reseller aq juga boleeeee.
Demikian tips dari enya (owner @zonahawa) .... Difollow twitternya, dibeli barangnya

Semoga sukses guys, silahkan mencoba .... paii paii

No comments:

Post a Comment